Menonton TV Menjadi Fleksibel





Siaran televisi terutama siaran langsung sangat sayang untuk dilewatkan. Namun, kesibukan sehari-hari membuat siaran langsung di televisi sering terlewat. Kalau sudah begitu, satu-satunya jalan adalah menanti siaran ulang. Jika siaran ulang tidak ada, mau tidak mau, informasi terlewat begitu saja.

Kini teknologi televisi sudah berkembang. Dengan IPTV, siaran televisi akan terekam secara otomatis tanpa diminta. Pemilik televisi bisa membuka fitur yang menyimpan rekaman sesuai tanggal dan jam yang diinginkan, maka siaran televisi yang sudah terlewat dapat dinikmati kembali. Siaran televisi yang ditonton juga bisa di-pause (hentikan sementara), di-forward (dipercepat), atau di-rewind (diputar ulang ke belakang) seperti halnya menonton DVD dengan DVD player.

Groovia TV yang dikembangkan oleh PT Telkom Indonesia Tbk yang sudah di-launching awal Juni 2011 diklaim sebagai IPTV pertama dan satu-satunya di Indonesia saat ini. Selain mampu memutar ulang siaran televisi karena sudah terekam otomatis, Groovia TV juga mampu menghentikan siaran apapun yang sedang tayang, termasuk siaran langsung. Menghentikan siaran langsung untuk diputar satu atau dua jam kemudian, bisa dilakukan oleh teknologi yang dimiliki IPTV ini.

Selain memiliki fitur mengubah teknologi televisi konvensional menjadi seperti teknologi DVD player, Groovia TV juga memiliki layanan Video on Demand dan Karaoke. Video on Demand adalah video-video yang sudah tertanam di televisi dan pemilik televisi bisa memilih film-film apa saja yang ingin ditonton. Film bisa langsung diputar tanpa harus memasukkan CD atau DVD. Untuk layanan karaoke, pemilik televisi juga bisa ber-karaoke dengan pilihan-pilihan lagu yang sudah tersedia di dalam televisi.

IPTV Groovia yang dikembangkan Telkom ini merupakan layanan triple play, yang merupakan standar layanan untuk gedung-gedung apartemen, perkantoran, atau kawasan perumahan. Triple Play adalah paket langganan yang terdiri atas telepon, TV kabel, dan internet dengan minimal kapasitas 1 Mbps. Direktur IT Supply dan Solution Telkom, Indra Utoyo mengatakan, saat ini terdapat tidak kurang dari 180 gedung apartemen di Jakarta, rata-rata secara infrastruktur apartemen tersebut telah dicatu oleh MSAN (Multi-Service Access Node) dan GPON (Gigabyte Passive Optical Network) Telkom sehingga gedung-gedung tersebut secara teknis sudah dapat menikmati layanan Groovia TV.

Oleh karena itu pada 30 Juni 2011, Telkom menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang penyediaan layanan triple play IPTV dengan pengelola apartemen diantaranya MayFlower Sudirman Plasa, View Apartment, Springhill Resident, Duta Anggada Group, dan Perumahan Gran Cibubur. Indra berharap kerja sama ini dapat mempercepat target penambahan pelanggan Groovia TV yang ditargetkan Telkom mencapai 300 ribu pelanggan di Jakarta hingga akhir tahun 2011.

"Untuk sementara Telkom masih fokus untuk Jakarta, terutama Jakarta Selatan sampai September 2011. Akhir tahun ini, merambah ke seluruh Jakarta. Untuk kota-kota lainnya nanti akan ada evaluasi dulu," ujar Indra saat peluncuran di Jakarta pekan lalu.

Selain untuk apartemen dan gedung-gedung perkantoran, Telkom juga menyediakan layanan untuk perumahan secara pribadi namun hanya sebatas yang sudah terjangkau infrastruktur kabel FTTH (fiber to the home). FTTH merupakan format penghantaran isyarat optik dari pusat penyedia (provider) ke kawasan pengguna dengan menggunakan serat optik segaia medium. Untuk pelanggan Speedy dengan minimal paket 1 Mbps bisa meng-upgrade paketnya menjadi paket Groovia dengan hanya menambahkan Rp 50 ribu per bulan dari biaya bulanan.

Untuk pelanggan baru, bisa melakukan registrasi berlangganan di plasa-plasa Telkom terdekat atau menghubungi Telkom 147. Groovia TV mengadakan pameran di Pekan Raya Jakarta (PRJ) bagi masyarakat yang ingin melihat dan mencoba teknologi televisi ini secara langsung.




Share your views...

2 Respones to "Menonton TV Menjadi Fleksibel"

lincoln square chicago apartments said...

I have read some where that IPTV Groovia developed Telecom is the triple play services, which is a standard service for apartment buildings, office buildings or residential areas. Triple Play is a subscription package that consists of telephone, cable TV, and internet with a minimum capacity of 1 Mbps.


September 16, 2011 at 5:08 AM
Sarvesh said...

financial planning education Says :
Ohh !1
It is really a great news. I am also surprised. Thank you so much for sharing this amazing news.


September 28, 2011 at 12:21 AM

Post a Comment

 

Copyright by Groovia TV - Groove Up Your Life