Telkom Luncurkan “Groovia TV” Layanan TV Berbayar Pertama di Indonesia





Guna memperkuat portofolio bisnis media and edutainment sekaligus merevitalisasi jaringan kabel, PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk.(Telkom) pekan lalu meluncurkan secara komersial layanan televisi Groovia TV, The 1st IPTV (Internet Protocol Television) Service in Indonesia, sebagai layanan IPTV pertama di Indonesia. Layanan terbaru Telkom ini berbeda dengan layanan TV berbayar lainnya. Groovia TV memiliki berbagai fitur interaktif yang belum pernah tersedia sebelumnya di dalam platform televisi berbayar manapun di Indonesia.

Selain tayangan channel-channel televisi premium, Groovia TV juga mengunggulkan berbagai fitur yang memungkinkan pelanggan untuk record, pause dan rewind tayangan TV favoritnya. Selain itu ada fasilitas video on demand (VoD), game on line bahkan karaoke.
IPTV merupakan platform layanan yang merupakan tahap lebih lanjut dari bentuk interaksi multimedia yang ada saat ini. Teknologi broadband yang mendukung Groovia TV, memungkinkan tersedianya layanan konvergen dalam bentuk siaran televisi, video, audio, teks, grafis, data dan telepon yang disalurkan ke pelanggan melalui jaringan IP (Internet Protocol).

Dikemukakan Direktur Utama Telkom, Rinaldi Firmansyah, Groovia TV bukan sekadar konten televisi yang didistribusikan lewat internet, tetapi merupakan sinergi antara kemampuan interaktif internet dan web, dengan kekuatan media televisi, yang disalurkan di atas jaringan broadband service Telkom. Groovia TV memungkinkan penonton televisi untuk tidak hanya pasif melihat siaran yang ada, tetapi juga aktif memilih layanan sesuai keinginan. ”TV berbayar lain itu sifatnya pasif tetapi Groovia TV ini interaktif sehingga sangat cocok disandingkan dengan perangkat smart television atau dikenal juga sebagai connected TV yang saat ini sudah mulai gencar dipasarkan oleh produsen televisi terkenal,” jelasnya.

Melalui tayangan Live TV dan VoD papar Rinaldi, Groovia TV mendukung kualitas tayangan standard definition (SDTV) dan high definition (HDTV). Kedepannya Groovia TV selain bisa disaksikan melalui perangkat televisi, juga bisa disaksikan melalui komputer atau notebook dan smartphone berkat fitur three screens yang dimilikinya.

Guna mendukung layanan ini tambah Rinaldi, Telkom terus mengembangkan kapasitas akses, yakni mengembangkan akses pita lebar dan menambah kecepatan true broadband access. Rinaldi mengatakan, investasi pengembangan IPTV menyerap Dana investasi senilai Rp 50 milyar s.d Rp 100 milyar, terutama untuk mengembangkan platform IPTV, belum termasuk investasi untuk pengembangan jaringan akses true broadband. Pada 2010, kapasitas true broadband access baru mencapai 21 persen dan akan ditingkatkan menjadi 85 persen pada 2015.

Dijelaskan Rinaldi, sampai enam bulan ke depan terhitung sejak Juni ini, Telkom berharap mendapatkan 300 ribu pelanggan Groovia TV di Jakarta. Pada tahap awal, produk ini akan dikembangkan di wilayah Jakarta terlebih dahulu sedangkan untuk menjangkau kota-kota besar lainnya di Indonesia, secara keseluruhan akan dibutuhkan waktu sekitar 3 tahun.
“Ini untuk memastikan kualitas layanan sebab untuk mendukung Groovia TV ini, jaringan akses pelanggan harus mampu melayani akses broadband dengan kecepatan 6 Mbps. Kami tdak ingin main-main dengan kualitas. Melalui sinergi yang baik anak perusahaan, Telkom sangat yakin dapat menciptakan pelanggan baru dan menargetkan 1 juta pelanggan IPTV dalam kurun waktu 3 tahun atau 2015 mendatang,” papar Rinaldi.

Telkom optimis bisa meraih angka tersebut bahkan bisa lebih karena pelanggan TV berbayar di Indonesia terbilang masih sangat kecil. Bandingkan dengan negara tetangga, Malaysia yang TV berbayar sudah mencapai 30 persen bahkan di India sudah 80 persen TV berbayar mereka kuasai. Itulah sebabnya Telkom menilai potensi IPTV ini cukup besar walaupun segmen yang dibidik lebih ditujukan kepada segmen premium atau kelas atas. Bagi Telkom, Groovia TV adalah langkah pertama dalam penggelaran aplikasi multimedia dengan interaktivitas tinggi di atas jaringan true broadband access. IPTV menawarkan pengalaman digital yang lebih interaktif, mudah, nyaman dan lengkap bagi pelanggan Telkom Group.

Sementara itu, Direktur Utama TelkomVision, Elvizar K.H, menjelaskan, dengan diluncurkannya Groovia TV yang menggunakan platform IPTV ini, TelkomVision semakin menegaskan posisinya sebagai pemain terdepan dalam industri TV berbayar dengan layanan yang paling lengkap dan inovatif. Sebagai perusahaan yang berorientasi kepada konsumen, TelkomVision selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia. Peluncuran Groovia TV ini didukung penuh oleh para content provider yang turut meramaikan acara ini dengan stand-stand hiburan serta beragam hadiah untuk pelanggan yang disponsori, antara lain oleh HBO, Max, HBO Signature, HBO Hits, HBO Family, Warner TV, Discovery Channel, TLC, Discovery Turbo, Discovery Science, Home & Health, Diva Universal, Syfy Universal, Universal, Celestial, Disney Junior, Cartoon Network, CNN, AXN, AXN Beyond, Animax, Sony Entertainment, One, Nick Jr, Nickelodeon, MTV, History, Crime Investigation, Bio, DW-TV Asia, Kix, Thrill, MGM dan Li TV.

Melalui tagline “Groove up your Life!”, Groovia TV diharapkan dapat menyediakan produk dan konten yang berkualitas, stylish, modern, variatif dan terkini sehingga mendorong para penggunanya menjadi generasi yang positif, dinamis dan selalu terdepan.




Share your views...

2 Respones to "Telkom Luncurkan “Groovia TV” Layanan TV Berbayar Pertama di Indonesia"

PriscillaSabina said...

Thanks for sharing such a good information, Brilliant concept to encourage Groovia TV provide the first pay TV service in indonesia.
Phone Sex


September 12, 2011 at 5:36 AM
Darcy Denzil said...

Your accepted wisdom is great. I do welcome your treasured thought. I am enchanted to know your valued intelligence. For more information I will be in touch.
Phone Sex
Sex Chat Line


October 13, 2011 at 2:48 AM

Post a Comment

 

Copyright by Groovia TV - Groove Up Your Life