Telkom: IPTV Kami Lebih Canggih dari Negara Lain





Telkom yang baru saja merilis layanan televisi berbasis internet protocol (IPTV) pertama di Indonesia dengan nama produk Groovia TV, sudah berani mengklaim lebih canggih dari negara lain.

"Setelah kami bandingkan dengan layanan IPTV dari negara lain, seperti Telstra misalnya, layanan kami akan lebih advance," kata Direktur IT & Supply Telkom Indra Utoyo, kepada detikINET usai peluncuran Groovia TV.

Groovia TV yang akan beroperasi di bawah kendali anak usaha TelkomVision, dalam waktu enam bulan pertama peluncurannya ditargetkan bisa menjaring 300 ribu pelanggan di area Jakarta. Saat ini, layanan IPTV yang mulai diperkenalkan ke publik akhir pekan lalu tersebut baru mampu menjangkau daerah Jakarta Selatan saja.

"Untuk tahap awal, kami memang memilih fokus pada wilayah Jakarta dulu. Ini strategi kami untuk memastikan kualitas layanan yang maksimal, karena untuk mendukung layanan Groovia TV ini akses pelanggan harus mampu melayani akses broadband dengan kecepatan 6 Mbps. Kami tidak main-main dengan kualitas," ujar Direktur Utama Telkom, Rinaldi Firmansyah.

Dengan syarat akses tersebut, menurut Rinaldi, pihaknya membutuhkan waktu sekitar tiga tahun untuk bisa menjangkau kota-kota besar lainnya di seluruh Indonesia.

Dalam kurun waktu tiga tahun tersebut, Rinaldi menjelaskan, jumlah pelanggan yang mampu digaet oleh Groovia TV diperkirakan mencapai satu juta pelanggan untuk seluruh Indonesia. Target tersebut diyakininya tidak terlalu tinggi dan sangat realistis untuk diwujudkan.

"Kami sangat optimistis bisa mencapainya. Bahkan bisa jadi lebih dari target yang ditentukan, karena pelanggan TV berbayar di Indonesia terbilang masih sangat minim. Coba bandingkan dengan negara-negara tetangga. Malaysia saja TV berbayarnya sudah mencapai 30%. India bahkan sudah sampai 80%. Jadi potensi kita masih sangat besar," tutur Rinaldi.

Terlebih, lanjut Rinaldi, Groovia TV memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh pesaing TV berbayar lainnya. Salah satunya adalah layanan interaktif, berupa fasilitas record, pause dan rewind tayangan TV yang sedang berlangsung.

"Groovia TV bukan sekadar konten televisi yang didistribusikan lewat internet, tapi merupakan sinergi antara kemampuan interaktif internet dan web dengan kekuatan media televisi. Jadi ada banyak keunggulan di dalamnya," tegas Rinaldi.




Share your views...

0 Respones to "Telkom: IPTV Kami Lebih Canggih dari Negara Lain"

Post a Comment

 

Copyright by Groovia TV - Groove Up Your Life